January 15, 2017

Cara Mengetahui Sistem 32bit atau 64bit Pada Komputer

Halo.. apa kabar semuanya? semoga kalian baik-baik saja, oke kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang bagaimana cara melihat/mengetahui sistem dikomputer 32bit/64bit, pada kasus ini kebanyakan para pengguna komputer ada sebagian yang belum tahu perbedaan sistem 32bit dan 64bit. banyak dari mereka yang langsung menginstal software mereka tanpa melihat sistem komputer tersebut. dan all hasil kita percuma mempunyai komputer spek tinggi namun tidak digunakan secara maksimal, dikarenakan sistem 32bit hanya mendukung Ram Maximal 2 GB, tetapi berbeda dengan spek sistem operasi windows dan lain-lain 64bit dapat menampung Ram lebih dari 8GB.

Gini aja kita pakai logika saja, ibaratkan jalannan ukuran 3 meter itu dimisalkan sistem operasi 32bit, sedangkan yang jalan besar ukuran 8 meter yaitu sistem operasi 64bit. jadi kesimpulannya 32bit hanya bisa menampung program/software 32bit (kurang maksimal) saja sedangkan 64bit dapat menampung program dengan operating sistem 64bit (operasi maksimal) atau bisa juga 32bit (kurang maksimal). Dukungan 64bit sistem operasi sering digunakan untuk penggunaan rendering atau bermain game 3D yang berkualitas tinggi dengan dukungan RAM lebih dari 4GB.

Kebanyakan dari perangkat Laptop jaman sekarang ini, sudah mempunyai sistem operasi 64bit dari bawaannya operating sistem dalam bios saat kita beli baru di otlet komputer. jadi hanya kita yang dapat menyesuaikan ingin operasi sistem 32bit/64bit tergantung kebutuhan.

Untuk mengecek operasi sistem dikomputer kita 32bit/64bit mari kita simak :

1. Masuk ke Explorer
2. Pilih "This PC"
3. Lalu pilih "Propertise"

Akan muncul gambar seperti ini :


Pada bagian "Sistem type" ada tulisan 64bit Operation System, x64 .

Nah ini terkadang yang banyak yang tidak tahu arti kode x86 itu banyak diartikan salah dengan alasan x86 itu lebih baik dari pada x64,. saya kasih tahu bahwa kode x86 menunjukan bahwa software atau program sistem tersebut mengandung operating sistem 32bit bukan sebaliknya.

Jika kita salah mengartikan kode x86 atau x64 nya maka sia-sia kita mendownload aplikasi yang ada di situs aplikasi yang diunduh, maka harus dipahami sebelum download aplikasi untuk komputer kita. maka dari itu x86 (32bit) / x64 (64bit) sistem operasi yang ada saat ini.

Kita juga bisa ngechek operasi sistem komputer tersebut dengan masuk dalam kotak pencarian "RUN" lalu ketik DXDIAG , maka akan muncul informasi yang lebih lengkap dari pada diatas.

Hanya itu saja yang bisa saya bagikan kepada kalian semua, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. terima kasih (Jangan lupa berkunjung kembali untuk dapat informasi terbaru atau SSH, Inject terbaru, Trik and internet gratis lainnya)



Comments

Silahkan Berkomentar Atau Bertanya Tentang Artikel Ini ?
EmoticonEmoticon